Dewasa ini, bimbingan belajar bahasa Inggris terus diupayakan untuk meningkatkan kemampuan linguistik pada seseorang. Bahasa Inggris memang merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi resmi antar negara, individu untuk berbagai kepentingan.

Karena pentingnya bahasa Inggris, anak-anak perlu dilibatkan sejak dini untuk bimbingan belajar bahasa Inggris. Bahkan penelitian dari Annals of Neurology menunjukkan bahwa orang yang mahir dalam dua bahasa memiliki kemampuan perhatian dan konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Bahasa Inggris untuk Anak Panduan Belajar hingga Mahir 0 (1)

Manfaat Kursus Bahasa Inggris untuk Anak

Tentunya anak-anak yang belajar bahasa Inggris akan mendapatkan banyak sekali manfaat, adapun beberapa diantara manfaat mengikuti kursus bahasa inggris sebagai berikut:.

1. Memahami Materi Lebih Cepat

Di sekolah anak-anak memang mendapatkan materi pelajaran bahasa Inggris dari gurunya. Namun, pembelajaran setiap anak berbeda. Ada yang mudah dipelajari dan ada yang tidak. Nah, dengan mengikuti pelajaran bahasa Inggris ini, kamu akan belajar agar si kecil lebih mudah menyerap materi.

2. Anak-anak yang Menantang

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa belajar bahasa Inggris sejak usia muda bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jadi sebagai orang tua, sebaiknya jangan menuntut anak Anda untuk bisa menguasai bahasa Inggris dalam hitungan hari. Anak-anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda pada usia yang berbeda pula.

Adalah tugas orang tua untuk memotivasi anak-anak mereka untuk belajar dan tidak cepat menyerah. Sebagai orang tua, Anda harus dapat memastikan bahwa anak Anda mengikuti pelajaran bahasa Inggris tanpa dipaksa.

3. Bisa Belajar Sambil Bermain

Bermain merupakan salah satu cara agar anak lebih mudah mencerna suatu pelajaran. Sebagian besar tempat kursus bahasa Inggris untuk anak-anak menerapkan pelajaran sambil bermain.

Berbeda dengan sekolah formal, di mana anak-anak tidak bebas berkreasi dalam pembelajarannya. Guru les bahasa Inggris akan lebih banyak mengajak anak bermain sambil belajar. Dimana strategi pembelajaran ini tentunya tidak bersifat satu arah.

4. Bermanfaat Untuk Masa Depan Anak

Belajar bahasa Inggris tidak hanya dapat mengasah kecerdasan terhadap anak. Tapi itu juga akan berguna di masa depan. Karena di masa depan, akan lebih mudah bagi anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris. Selain itu, belajar bahasa Inggris sejak usia muda dapat melatih bahasa dan pendengaran.

Selain itu, juga dapat meningkatkan pemahaman bahasa, termasuk bahasa asing dan perluasan budaya lain melalui bahasa. Saat masuk ke sekolah yang lebih tinggi, biasanya masih ada bahasa lain yang harus dipelajari.

Baca Juga: Matematika untuk Anak SD: Tips Belajar serta Contoh Soalnya

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris dapat berguna untuk komunikasi karena digunakan sebagai bahasa internasional. Penggunaannya tersebar luas di berbagai bidang, seperti bisnis, akademik, budaya, dan sebagainya.

Meski mempelajarinya tidak mudah, sejatinya ada banyak metode belajar yang bisa diterapkan pada anak agar belajar bahasa Inggris terasa mudah dan menyenangkan.

Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris yang mudah sekaligus menyenangkan untuk diterapkan. Anda bisa memanfaatkan televisi, video, dan musik sebagai media pembelajaran. Dirangkum dari berbagai sumber antara lain:

1. Gunakan alat bantu visual

Belajar bahasa Inggris menggunakan gambar dan alat bantu visual lainnya sangat membantu karena memudahkan untuk dipahami. Gambar dan video dapat digunakan untuk menghubungkan visual dengan kata-kata.

Mulailah dengan mempelajari kosakata untuk menyebutkan bagian-bagian wajah dan menggunakan foto orang sebagai alat visual. Untuk siswa, kartun lucu mungkin lebih disukai. Namun, orang dewasa mungkin lebih suka menggambar.

Membuat alat bantu visual juga dapat dilakukan dengan gambar dari majalah atau mencetak gambar yang ditemukan dengan berani.

2. Dengarkan musik dan pelajari semua liriknya

Menggunakan musik sebagai media untuk belajar bahasa Inggris bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Menurut publikasi Universitas Nasional Florida, musik dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Alhasil, kedua belahan otak bisa memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat.

Musik adalah sumber yang bagus untuk belajar bahasa Inggris secara langsung. Dengarkan lagu-lagu populer karena kebanyakan diputar di mobil, radio, atau di mal agar terbiasa.

3. Membaca teks bahasa Inggris

Subtitle Indonesia bisa ditemukan dimana saja. Misalnya di buku,  website, email, media sosial, bahkan di bungkus makanan. Membaca adalah cara terbaik untuk menambah kosa kata.

Membaca dalam artikel, cerita, dan percakapan dapat membantu untuk mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga memberikan pengurangan kata-kata sehingga membantu untuk mengingatnya.

Melalui proses membaca, orang yang belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan akurasi berbicara dan keterampilan berbicara mereka. Akurasi didefinisikan sebagai penggunaan tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan yang benar.

Baca Juga: Pentingnya Les Privat untuk Anak! 7 Pelajaran yang Umum untuk Bimbingan

Bagaiman Cara Mengajar Bahasa Inggris secara Profesional?

Belajar bahasa Inggris memang tidaklah mudah. Perlu metode khusus untuk mengajari anak supaya lancar berbahasa.

Seorang pengajar yang berupaya untuk mencetak bibit muda berprestasi tentunya membutuhkan proses pengajaran yang cukup lama untuk memenuhi berbagai karakter anak hingga materi pelajaran yang semakin menantang.

Namun bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu khawatir! Anda bisa belajar cara mengajari anak les privat bahasa inggris ala seorang profesional sebaga berikut:

1. Terus mengasah keterampilan mengajar

Kemampuan mengajar merupakan modal utama seorang guru. Apa pun jenis mata pelajaran yang Anda kuasai, keterampilan mengajar Anda akan membantu Anda menyampaikan materi dengan baik kepada siswa.

Begitu juga dengan menjadi guru bahasa Inggris, ada keterampilan mengajar yang harus Anda miliki sejak awal untuk menjadi seorang profesional. Sayangnya, kemampuan mengajar ini tidak didapatkan secara gratis di bangku kuliah.

2. Harus menguasai materi bahasa Inggris

Latar belakang pendidikan bahasa Inggris di universitas negeri terbaik di Indonesia ini, tidak menjamin seseorang bisa menjadi guru profesional. Karena tidak semua orang mampu berbagi ilmu yang terbuka untuk orang lain.

Salah satu penyebab seseorang tidak bisa membagi ilmunya kepada orang lain adalah penguasaan materi yang sangat minim. Tidak hanya kesulitan mengajar, penguasaan materi pelajaran yang sangat minim juga berisiko memberikan pengetahuan yang salah.

3. Menyusun rencana belajar

Selain memiliki profesionalisme terbaik, guru bahasa Inggris dengan jam terbang tinggi sangat disiplin dalam mempersiapkan materi pembelajarannya hari ini.

Bahkan mereka yang telah menjadi guru bahasa Inggris selama bertahun-tahun, tidak pernah lupa untuk menyiapkan rencana studi. Dengan rencana belajar, Anda tidak hanya dapat mengatur waktu yang diberikan untuk menyampaikan materi pelajaran dengan lebih efektif.

4. Ikut les privat atau les

Apapun persiapan yang Anda lakukan untuk menjadi guru profesional, tidak bisa hanya sekedar rencana atau angan-angan. Namun, persiapan yang telah Anda lakukan untuk menjadi guru bahasa Inggris profesional harus ditunjukkan langsung di depan kelas dan siswa. Berlatih di depan cermin saja tidak cukup. Anda harus membuktikan diri langsung mengajar di depan kelas dengan mengikuti les privat atau les.

Share

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.