Deprecated: version_compare(): Passing null to parameter #2 ($version2) of type string is deprecated in /var/www/kliklogi/data/www/ekspedisimurah.id/wp-content/plugins/elementor/core/experiments/manager.php on line 166
Tetap Aman! Ini Cara Packing Frozen Food untuk Pengiriman Keluar Kota

Mengirim frozen food ke luar kota tentunya sangat penting untuk mengetahui cara packing frozen food agar kualitas produknya tetap terjaga. Maka dari itu, pengiriman bisa menjadi salah satu tantangan yang besar ketika menjalankan bisnis frozen.

Saat ini makanan beku menjadi salah satu bisnis makanan online yang cukup memiliki potensial. Tidak hanya praktis, frozen food juga tersedia secara variatif pada berbagai jenis. Sehingga tidak heran, jika frozen food banyak penggemarnya.

Apalagi frozen food sangat rentan untuk mengalami kerusakan dari paparan suhu panas dengan waktu yang cukup lama, sehingga cara packing makanan beku perlu diperhatikan. Terutama untuk cara packing makanan beku yang akan dikirim keluar kota dan membutuhkan waktu transit yang lama.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Cara Packing Frozen Food untuk Pengiriman Keluar Kota

Ketika Anda memiliki frozen food dengan mutu terbaik. Namun, jika Anda tidak mengetahui cara packing yang dilakukan secara benar, maka tidak heran jika produk yang diterima memiliki kondisi yang rusak. Oleh karena itu, berikut cara packing produk frozen food yang benar untuk bisa dikirim ke luar kota.

1. Siapkan Produk Frozen Food yang Akan Dikirim

Hal yang harus dipersiapkan untuk mengirim frozen food dengan baik, diantaranya:

  • Pastikan produk dalam keadaan beku ketika akan dikirim
  • Pastikan produk dalam keadaan bagus dan memiliki masa kadaluarsa yang masih lama
  • Pastikan kemasan tidak terbuka, sehingga tidak akan bocor atau terkontaminasi
  • Pastikan kemasan untuk menaruh frozen food kuat dan tertutup secara rapat

2. Pilih Wadah Pengiriman untuk Frozen Food

Setelah produk frozen food dipastikan dalam kondisi terbaik, kemudian pilihlah wadah untuk pengiriman. Sebaiknya gunakan kemasan yang bisa menjaga produk agar tetap beku selama proses pengiriman atau masa transit. Wadah yang bisa digunakan untuk frozen food diantaranya, yaitu:

  • Wadah makanan dengan isolasi busa, misalnya styrofoam
  • Kotak dengan lapisan bubble wrap termal
  • Kotak kardus disertai pelapis busa berinsulasi agar suhu tetap dingin tetap terjaga

Dalam memilih wadah kemasan frozen food, tentunya harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Wadah harus kuat untuk mengemas frozen food dan selama proses kirim keluar kota penting untuk diperhatikan, agar produk tidak rusak.
  • Gunakan wadah yang berukuran lebih besar dari frozen food, untuk menambahkan ice pack. Sehingga kondisi suhu makanan terjaga selama pengiriman.
  • Pilihlah wadah yang tahan air dan tidak bocor agar paket tidak dalam kondisi basah ketika diterima. Sehingga Anda bisa melapisi bagian dalamnya dengan plastik untuk mencegah resapan air.
  • Sebelum digunakan, sebaiknya wadah didinginkan terlebih dahulu.

3. Siapkan Peralatan untuk Mengemas Frozen Food

Berbeda dengan cara packing yang biasanya, dalam mengemas frozen food Anda harus menyiapkan beberapa peralatan khusus diantaranya:

  • Wadah frozen food
  • Ice gel
  • Aluminium foil
  • Bubble wrap
  • Dus karton yang kuat
  • Potongan karton
  • Lakban
  • dll.

4. Bungkus Produk dengan Bubble Wrap dan Aluminium Foil

Packing untuk frozen food dimulai dengan penyertaan ice gel pada bagian atas dan bawah produk dan membungkusnya menggunakan bubble wrap. Kemudian, tempatkan makanan pada aluminium foil secara rapat agar suhunya terjaga. Selanjutnya, rekatkan seluruhnya dengan baik.

5. Masukkan Produk ke Dalam Wadah

Setelah frozen food dibungkus dengan bubble wrap dan alumunium foil, kemudian masukkan pada wadah yang disiapkan. Tambahkan lagi pendingin pada ruangan yang kosong. Anda dapat memilih untuk menggunakan ice gel, ice pack, atau dry ice. Ice gel bisa membuat lembab ketika mencair, sedangkan dry ice tetap kering.

Jangan pernah untuk menggunakan es batu pada kemasan frozen food, sebab es batu mudah mencair sehingga kemasannya bisa basah. Jika ingin menggunakan es kering, maka gunakan sarung tangan ketika menyentuhnya agar tidak cedera.

6. Gunakan Kotak Luar yang Kuat

Jika produk sudah dibungkus aman, masukkan frozen food ke kardus lapisan luar tanpa ada ruang kosong agar tidak terguncang. Jika ada ruang kosong, maka kurangi pergerakan dengan mengisi ganjalan. Anda bisa mengisinya dengan bubble wrap, gumpalan kertas, potongan karton, dan lainnya.

Menggunakan cara packing yang baik, membuat produk tetap stabil dan terlindungi. Bungkus rapat kardus paket dengan rapi, kemudian rekatkan bagian yang terbuka dengan lakban.

7. Perhatikan Waktu Pengiriman

Lamanya waktu transit tentunya perlu diperhatikan. Sehingga sangat penting untuk memilih ekspedisi yang menawarkan layanan yang cepat dan bisa diandalkan untuk mengirim makanan frozen agar tepat waktu. Gunakan ekspedisi dengan layanan yang cepat meskipun ongkir lebih tinggi, sehingga makanan terjaga kualitasnya.

8. Tunda Pengiriman Jika Diharuskan

Pengiriman juga dapat dipengaruhi oleh beragam kondisi, seperti banjir atau bencana alam di area tujuan, penutupan pada area tertentu, pembatasan kendaraan, dan sebagainya. Pastikan pengiriman paket bisa sampai tepat waktu atau tidak. Jika kemungkinan besar paket terhambat dalam waktu lama, ada baiknya untuk membicarakannya dengan pelanggan dan menunda pengiriman.

Baca Juga: Panduan Praktis! Cara Pengiriman Barang Cair Dijamin Aman

Nah, itulah beberapa cara packing frozen food dalam pengiriman keluar kota, beserta perlengkapan yang dibutuhkan. Pastinya Anda harus memilih ekspedisi terbaik dan terpercaya dalam menangani paket frozen food yang aman menuju alamat tujuan.

Share