Dalam dunia ekspedisi, khususnya cargo maka Anda akan melihat banyak sekali pallet yang sering digunakan untuk menjadi bagian dalam pengiriman. Pallet sendiri digunakan dengan tujuan tertentu. Sebenarnya apa fungsi pallet dan jenis-jenis pallet dalam dunia cargo? Untuk lebih jelasnya, ikuti terus pembahasannya berikut ini. 

Pengertian dari Pallet 

Sebelum membahas apa jenis dan fungsi dari pallet, mungkin Anda harus tahu terlebih dahulu pengertian dari Pallet ini. Pada dasarnya pallet adalah penahan beban atau alat yang digunakan untuk memindahkan barang dari tempat satu ke tempat lain. Hal ini untuk mempermudah petugas dalam memindahkan barang dengan jumlah banyak. 

Bentuk dari pallet ini biasanya persegi empat dan terbuat dari berbagai macam bahan. Pallet sendiri mempunyai rongga-rongga yang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga barang bisa dengan mudah dipindahkan. Dalam dunia cargo sendiri, pallet adalah alat yang harus ada dan sangatlah penting untuk keberlangsungan proses pengiriman barang. 

Untuk memindahkan pallet, perusahaan ekspedisi biasanya akan menggunakan forklift yang memang identik dengan pengiriman dan pergudangan. Sehingga dari sini dapat kita simpulkan bahwa pallet memberikan banyak bantuan dalam dua sektor tersebut. Sekarang ini sendiri pallet juga difungsikan sebagai bahan daur ulang. 

Contohnya adalah jenis pallet kayu yang sering kali dipakai untuk mendekorasi rumah. Dimana sangat cocok bagi Anda yang mempunyai rumah dengan desain industrial atau minimalis. Sehingga pada dasarnya, pallet ini menjadi bahan yang tidak hanya bisa ditemukan di cargo tapi juga di rumah. 

fungsi dan jenis pallet dalam jasa ekspedisi cargo

Fungsi Pallet dan Jenis-jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Setelah mengetahui apa fungsi dari pallet, maka selanjutnya Anda harus tahu apa saja fungsi pallet dan jenis-jenis pallet dalam dunia cargo. Dimana ini akan menjadi pengetahuan Anda dalam dunia ekspedisi. Berikut ini adalah penjelasannya: 

Fungsi Pallet dalam Cargo 

Tadi sudah sempat disinggung sebelumnya sedikit tentang fungsi dari pallet ini dalam dunia cargo. Tapi selain fungsi yang sudah disebutkan tadi, ada juga kegunaan lain pallet di cargo. Apa saja fungsinya? Berikut penjelasannya: 

1. Memindahkan barang 

Fungsi pertama sudah disebutkan sebelumnya, dimana pallet ini akan digunakan untuk memindahkan barang. Biasanya barang akan dinaikan ke pallet kemudian akan ada alat lain yang digunakan untuk mendorong atau menariknya. Bisa juga menggunakan forklift. Dengan menggunakan pallet sendiri maka memindahkan barang akan semakin cepat. 

Karena petugas tidak perlu lagi memindahkan satu persatu barang. Cukup dengan menggunakan pallet maka barang bisa dipindahkan sekaligus. Jadi proses pengiriman dalam ekspedisi sendiri akan semakin cepat dan bisa sampai sesuai dengan estimasi waktu yang diberikan. 

2. Melindungi barang 

Fungsi selanjutnya dari pallet adalah untuk melindungi barang yang dipindahkan. Pallet mampu mampu menahan beban dari bagian atas. Sehingga ketika barang dipindahkan akan lebih aman, dimana kerusakan bisa diminimalisir. Dengan menggunakan pallet setidaknya barang tidak akan rusak karena benturan atau hal lainnya. 

Walaupun sebenarnya pallet bisa difungsikan untuk berbagai hal, tapi memang dalam dunia ekspedisi pallet paling banyak dibutuhkan agar proses pengiriman barang bisa lebih lancar, aman dan juga cepat. 

Jenis-jenis pallet 

Pallet sendiri ternyata ada banyak macamnya. Dimana ada dua kategori yang membagi jenis-jenis pallet yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah jenis-jenisnya: 

1. Jenis pallet berdasarkan arah penggerak 

Ada dua jenis pallet yang berdasarkan arah gerak atau drive direction-nya. Berikut ini adalah jenisnya: 

2 Ways 

Jenis pertama adalah pallet 2 ways. Dimana pada jenis ini sendiri pallet hanya bisa digerakan dari depan dan belakang saja walau menggunakan forklift. Sehingga untuk arah samping kanan dan kiri tidak akan bisa digerakan atau dipindahkan. 

4 Ways 

Sedangkan untuk jenis pallet 4 ways ini sendiri bisa dipindahkan menggunakan forklift dari 4 sisi, baik dari depan, belakang, kiri dan kanan. Jenis pallet yang satu ini sendiri lebih disukai karena sangat fleksibel, sehingga pemindahan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. 

2. Jenis pallet berdasarkan dari bahannya 

Kemudian jenis pallet juga dibagi lagi berdasarkan dari bahannya. Dimana ada beberapa jenis seperti berikut ini. 

Pallet Kayu 

Jenis pallet pertama yang paling umum digunakan adalah kayu. Pallet yang satu ini sendiri paling banyak digunakan oleh ekspedisi Indonesia. Bahan kayu yang digunakan biasanya dipilih secara khusus. Hingga sekarang ini pallet kayu masih menjadi salah satu bantuan alat paling banyak digunakan. Selain itu, pallet kayu juga lebih praktis dan murah.

Ada pun ukuran standar yang digunakan dalam pallet kayu ini. Contohnya untuk ukuran pallet kayu di Indonesia menggunakan ukuran panjang 1,2 meter, lebar 1,1 meter dan tinggi hingga 15 centimeter. Ukuran tersebut sudah masuk dalam ukuran yang standar dari pallet kayu. 

Sedangkan bahan yang digunakan dalam pallet kayu ini sendiri adalah jati belanda. Pallet kayu dengan bahan dan ukuran tersebut mampu mengangkat beban hingga 1400 kg. Sehingga tidak heran jika pallet yang satu ini masih sering digunakna. 

Selain ukuran di atas, ada juga ukuran pallet yang lebih kecil dan dikhususkan untuk pergudangan. Untuk ukuran jenis pallet yang satu ini adalah panjang 1,1 m, lebar 1,1 m dan tinggi hanya 12 centimeter. 

pallet-kayu klik logistics

Pallet plastik 

Jenis selanjutnya ada pallet plastik yang juga sangat populer digunakan. Hanya saja pallet jenis ini memiliki harga yang lebih mahal ketimbang kayu. Namun, untuk urusan kekuatannya, Anda tidak boleh ragu. Pellet plastik sendiri memiliki perbedaan dari pellet kayu selain dari bahannya, yaitu dari segi bentuknya. Dimana pellet ini sendiri tidak memiliki rongga. 

Pallet kardus 

Jenis pallet yang selanjutnya adalah pallet kardus. Jenis pallet ini sendiri terbilang baru dan diklaim mampu menahan beban berat hingga mencapai 100 kg. Bahan utama dari pallet ini sendiri adalah kertas atau kardus. Dimana ada kelebihan yang dimiliki pallet jenis ini, yaitu bisa didaur ulang. Negara yang telah menggunakan pallet kardus untuk segala keperluan termasuk cargo adalah Jepang. 

Pallet logam 

Kemajuan teknologi pada saat ini pun berhasil membuat pallet dengan bahan logam. Dimana jenis pallet ini mempunyai kekuatan yang luar biasa. Bahkan mampu mengangkat beban hingga ratusan kilo. Untuk harga dari pallet ini sendiri adalah yang paling mahal. 

Sehingga hanya tempat-tempat tertentu saja yang menggunakannya. Tidak hanya itu saja, pallet logam juga mempunyai kelemahan, yaitu bisa berkarat. Kecuali jika bahan yang digunakan adalah logam anti karat. 

Dari seluruh jenis pallet yang sudah disebutkan, pallet kayu memang masih digunakan di hampir seluruh jasa cargo. Demikianlah pembahasan tentang fungsi pallet dan jenis-jenis pallet dalam dunia cargo. Dimana memang sudah terlihat bahwa pallet mempunyai manfaat yang sangat besar dalam dunia cargo

Share

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.