Yogyakarta adalah salah satu kota yang dikenal mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Terbukti banyak sekali wisata-wisata yang dijadikan rekomendasi untuk Anda kunjungi, dimana salah satunya adalah Tebing Breksi. Lokasi wisata ini mempunyai keunikan dan keindahan yang tidak boleh Anda lewatkan. Ini adalah informasi dari Instagramable Tebing Breksi Jogja intip harga tiket dan lokasi

Instagramable Tebing Breksi Jogja Intip Harga Tiket dan Lokasi 

Apabila Anda ingin mengunjungi wisata ini, sudah pasti harus mengetahui informasi lebih jauh terkait dengan harga tiket dan lokasinya. Terlebih Tebing Breksi dikenal mempunyai pemandangan yang sangat indah. Nah, ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang instagramable Tebing Breksi Jogja Intip Harga Tiket dan Lokasi

Sejarah dari Tebing Breksi 

Tapi sebelum Anda tahu mengenai informasi terlengkap dari harga tiket dan lokasinya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu sejarah dari Tebing Breksi. Wisata yang satu ini sendiri baru saja diresmikan di tahun 2015. Terbilang baru untuk sebuah wisata yang menampilkan keindahan alam. 

Pada awalnya, Tebing Breksi adalah sebuah pertambangan batu kapur yang menjadi sumber mata pencaharian utama dari masyarakat sekitar. Pertambahan batu kapur ini sendiri sudah berjalan semenjak tahun 80 an dulu. Dimana memang hampir masyarakat yang tinggal disana mencari batu kapur untuk menjadi pekerjaan utama. 

Kemudian, para peneliti yang tertarik tentang Tebing Breksi memberikan pernyataan bahwa sebenarnya lokasi ini adalah endapan dari abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran pada jutaan tahun lalu. Karena ada penemuan inilah membuat pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan aktivitas tambang. 

Meski sempat kehilangan mata pencaharian utama, tapi masyarakat di sekitar Tebing Breksi pun tidak menyerah. Mereka malah menjalin kerjasama dengan beberapa seniman dari Yogyakarta agar bisa membuat lokasi ini mendapatkan pendapatan lagi. 

Akhirnya pun para seniman-seniman ini memahat Tebing Breksi dengan sangat cantik dan artistik. Pembuatan pahatan ini tidak hanya dilakukan oleh seniman saja, tapi juga dibantu oleh masyarakat sekitar sana. 

Hasilnya pun sangat luar biasa. Dimana tebing dengan tinggi 30 meter tersebut mempunyai ukiran yang sangat indah dan menjadi daya tarik untuk para pengunjung. Salah satunya adalah ukiran naga dan lakon wayang. 

Sekarang ini Tebing Breksi sudah mendapatkan pengakuan sebagai cagar budaya yang mana pada tahun 2015, Sultan Hamengkubuwono ke 10 pun menandatangani prasasti yang menyatakan bahwa tebing ini adalah lokasi wisata yang harus dijaga dan dilestarikan.

harga-tiket-Tebing-Breksi-Jogja-min

Rute dan Lokasi Tebing Breksi 

Tebing Breksi ini beralamatkan di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Bila Anda ingin mengunjungi Tebing Breksi, maka Anda harus mengikuti rute ke Candi Prambanan. Nanti, setelah Anda sampai pada pertigaan pasar Prambanan, Anda bisa belok ke kanan dan menuju ke arah Piyungan. 

Jarak Tebing Breksi dari Pasar Prambanan ini sendiri sangatlah dekat hanya 3 kilometer saja. Kemudian, dari Piyungan Anda ikuti saja petunjuk arah ke Candi Ijo dan bila sudah menemukan pertigaan, maka Anda harus belok kiri. Dari sini Anda hanya perlu mengikuti saja jalan dan lihat petunjuk arah. Sekiranya jaraknya hanya 1 kilometer saja. 

Kalau dari pusat kota Yogyakarta sendiri, Tebing Breksi terbilang lumayan jauh atau sekitar 18 kilometer. Dimana jika Anda mengendarai motor hanya akan memakan waktu tempuh sekitar 45 menit kalau tidak ada kendala. Bila menggunakan mobil bisa jadi lebih lama, karena pusat kota akan ramai apalagi saat akhir pekan. 

Harga Tiket dan Waktu Buka Tebing Breksi 

Untuk urusan harga tiket sendiri sepertinya Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena sudah pasti murah. Harga tiketnya saat ini masih di kisaran 5000 rupiah saja per orangnya. Dimana harga ini masih sama dengan tempat wisata lain yang ada di Jogja. Lalu ada biaya parkir yang juga harus Anda bayarkan. 

Untuk motor biaya parkirnya adalah 2000 rupiah, mobil 5000 rupiah dan bus hanya dikenakan 10 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk jam buka dari Tebing Breksi ini mulai dari jam 6 pagi hingga 6 sore saja. Sebelum pandemi, Tebing Breksi dibuka selama 24 jam penuh. Pengetatan ini sendiri dilakukan agar bisa mencegah penyebaran virus corona. 

Fasilitas Di Tebing Breksi

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola lokasi wisata ini. Anda pun bisa menikmati seluruh fasilitas yang diberikan, dimana ada yang harus dikenai biaya tambahan dan tidak. Berikut ini adalah fasilitasnya: 

  1. Jeep Tour 

Untuk Jeep Tour sendiri akan sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan dari tempat wisata di sekitar Tebing Breksi. Jadi, Anda tidak hanya akan melihat Tebing Breksi saja, tapi juga seperti Candi Ijo, Candi Dawangsari dan masih banyak lagi. Jeep tour ini sendiri mempunyai paketan yang disesuaikan dengan destinasi tambahan. 

Namun, jika Anda berlibur bersama rombongan, tentu saja tidak akan bisa mengikuti Jeep Tour, karena minimal menggunakan tour yang satu ini sendiri adalah 1 jam. Apalagi satu jeep hanya bisa 4 orang saja. Jumlah jeep juga tidak terlalu banyak. 

  1. Spot foto 

Sudah pasti fasilitas yang diberikan oleh Tebing Breksi adalah spot foto. Ada dua kategori spot foto yang ada disini, yaitu yang gratis dan berbayar. Untuk spot foto berbayar dikelola oleh masyarakat setempat. Sedangkan yang gratis Anda bisa berfoto dimana saja. 

Jangan lupa Anda foto-foto di ukiran yang paling terkenal dari tebing ini, yaitu ukuran Naga. Nantinya bisa Anda pajang di akun Instagram. Sudah pasti hasilnya akan keren sekali, karena Tebing Breksi memang sangat instgramable. 

  1. Tlatar Seneng 

Di Tebing Breksi juga disediakan sebuah panggung pertunjukan yang bentuknya seperti amphitheatre. Di Tlatar Seneng sering sekali ada pertunjukan mulai dari jatilan, pertunjukan tari-tarian dan lain sebagainya. Jika Anda beruntung pun bisa melihat berbagai pertunjukan yang disajikan. 

  1. Mushola 

Bagi Umat Muslim juga tidak perlu khawatir untuk menjalankan ibadah Sholat 5 waktu. Karena di Tebing Breksi juga sudah disediakan fasilitas Mushola yang bersih. 

  1. Warung makan 

Ketika Anda lapar juga tidak usah takut tidak ada makanan. Masyarakat di sekitar Tebing Breksi banyak yang membuka warung makan. Ada banyak sekali menu-menu khas Yogyakarta yang bisa Anda santap. Untuk harganya juga tidak perlu khawatir, masih tetap murah dan pedagang juga tidak akan mencurangi Anda. 

  1. Parkir luas 

Lokasi wisata yang satu ini sendiri mempunyai parkiran yang sangat luas. Anda juga tidak perlu lagi ragu untuk datang menggunakan kendaraan apapun. Apalagi penjagaannya juga aman. Itulah beberapa informasi terkait wisata instagramable Tebing Breksi Jogja intip harga tiket dan lokasi. Selama Anda berada di lokasi wisata yang satu ini, lebih baik menggunakan tabir surya atau sunblock. Karena ketika cuaca sedang terik bisa membuat kulit terasa sangat panas dan memerah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.