Indonesia dikenal memiliki wisata terkenal dari berbagai daerah. Termasuk diantaranya adalah Bogor yang sudah tidak dapat diragukan lagi wisata alamnya. Ada banyak spot wisata alam yang indah dan patut untuk Anda kunjungi, salah satunya adalah Curug Leuwi Hejo. Bila Anda ingin mengunjunginya, berikut adalah informasi dari wisata Curug Leuwi Hejo info harga tiket, rute dan lokasi. 

wisata Curug Leuwi Hejo bogor jawa barat new
Sumber Foto : https://mundomaya.travel/

Wisata Curug Leuwi Hejo Info Harga Tiket, Rute dan Lokasi

Curug Leuwi Hejo mempunyai pemandangan yang sangat indah. Bahkan lokasi ini sering disebut sebagai Green Canyon Indonesia. Bagaimana tidak, ketika Anda mengunjungi lokasi wisata ini pun pasti akan kagum. Bila Anda ingin mengunjunginya, berikut detail wisata Curug Leuwi Hejo info harga tiket, rute dan lokasi: 

Lokasi Wisata Curug Leuwi Hejo 

Lokasi dari wisata yang satu ini sendiri ada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentuk, Kota Bogor. Dari tengah kota sendiri hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja. Termasuk dekat untuk Anda yang memang berada di Kota Bogor. Dimana waktu tempuhnya mungkin sekitar 20 hingga 45 menit saja. 

Tapi, kalau Anda datang dari Ibukota Jakarta, sudah pasti akan memakan waktu yang lama. Karena jaraknya sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh mungkin sekitar 2 hingga 3 jam bila perjalanan lancar. Meski jarak yang jauh, tapi banyak sekali warga Jakarta yang datang ke lokasi ini. 

Rute ke Wisata Curug Leuwi Hejo 

Rute yang akan dijelaskan untuk ke Curug Leuwi Hejo adalah dari Jakarta. Dimana Anda harus masuk ke tol Jagorawi. Kemudian keluar tol dan masuk lagi ke Tol Sentul City. Lalu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan belok kiri menuju ke arah Sentul City. Selanjutnya Anda harus ke arah Rainbow Hills Golf dan ke arah Polsek Babakan Madang. 

Bila Anda sudah sampai di Polsek Babakan Madang, selanjutnya Anda hanya tinggal lurus saja sambil melihat ke arah kanan. Sepanjang jalan nantinya akan ada banyak sekali petunjuk arah yang akan membawa Anda ke Curug Leuwi Hejo. 

Sedangkan bagi Anda yang start dari kota Bogor, maka rute yang harus dilewati adalah melalui Sentul City terlebih dahulu. Kemudian, Anda harus lewat ke Giant Department Store dan belok ke Rainbow Hills Golf serta Polsek Babakan Madang. Kemudian, nanti tinggal lurus terus sambil melihat petunjuk arah. 

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo 

Untuk masuk ke lokasi ini ada tarif yang ditetapkan, tapi Anda tidak perlu khawatir karena tiketnya sangatlah murah. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 20 ribu hingga 30 ribu saja. Dimana tiket masuk hanya dikenakan sekitar 10 ribu rupiah, sedangkan untuk parkir motor 5000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah saja. 

Daya Tarik di Leuwi Hejo 

Perlu Anda tahu bahwa Curug Leuwi Hejo sendiri dibuka pada pukul 8 pagi hingga 5 sore. Ketika sudah sampai di lokasi pun, Anda tidak bisa langsung melihat curug. Dari parkiran motor dan mobil, Anda harus berjalan sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi wisata. Selama menuju lokasi, Anda akan melewati tanah basah dan bebatuan. Bahkan akan melewati sungai kecil. 

Meski terbilang sangat jauh, tapi Anda tidak akan merasakan lelah. Karena sepanjang jalan menuju lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan yang sudah indah. Tidak heran para wisatawan yang menuju ke Leuwi Hejo akan menyempatkan diri untuk berfoto terlebih dahulu. Kalau tidak berfoto-foto, dari lokasi parkir ke Leuwi Hejo hanya membutuhkan sekitar 30 hingga 40 menit saja. 

Tapi, Anda tidak perlu khawatir untuk perjalanan dari tempat parkir ke lokasi utama, karena jalur trekking sangatlah aman dan landai. Selama Anda berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang aman, maka Anda pun bisa mencapai lokasi tanpa ada masalah berarti. 

Saat Anda sudah sampai ke lokasi, maka akan tersaji pemandangan yang benar-benar indah. Sekeliling lokasi wisata akan dipenuhi oleh pepohonan hijau. Kemudian Anda pun akan melihat curug dan juga kolam yang ada di antaranya. Kalau sedang beruntung, maka Anda bisa menikmati juga pemandangan dari Gunung Gede Pangrango. 

Tapi, kalau sedang mendung atau awan tebal, pemandangan gunung tidak akan terlihat. Namun, Anda juga tidak akan kecewa dengan keindahan dari Leuwi Hejo. Daya tarik lainnya adalah dari kolam yang ada, dimana Anda bisa berendam dan berenang di sana. Karena kedalaman dari kolam alami ini sendiri hanyalah sekitar 3 meter. 

Jika Anda bisa berenang, sudah pasti harus mencoba untuk menikmati air dingin yang ada. Bahkan Anda bisa mencoba keberanian dengan melompat dari sekitaran tebing yang ada. Karena ada beberapa tebing yang dapat Anda daki. Beberapa juga telah dilengkapi dengan tali tambang untuk membantu pengunjung mendaki tebing. 

Tentu saja, Anda harus berhati-hati. Namun, secara garis besar melompat dari tebing ke arah kolam sangatlah aman. Karena kedalaman air pun juga sangat pas sehingga Anda pun bisa mencoba nyali. Apalagi saat Anda melompat sambil menikmati pemandangan yang ada di depan, sudah pasti sangatlah istimewa. 

Tips Mengunjungi Wisata Curug Leuwi Hejo 

pilihan wisata Curug Leuwi Hejo bogor jawa barat
Sumber Foto : https://sikidang.com/

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Curug Leuwi Hejo, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini: 

Jangan datang saat musim penghujan 

Bila Anda mempunyai waktu untuk mengunjungi lokasi wisata ini, lebih baik datang ketika musim kemarau. Karena selain bisa melihat pemandangan dari Gunung Gede dan Pangrango, Anda juga akan lebih nyaman menikmati suasana di lokasi wisata. Trekking juga lebih kering dan minim kendala. 

Menggunakan alas kaki yang nyaman 

Selanjutnya Anda juga lebih baik menggunakan alas kaki nyaman, seperti sepatu atau sandal gunung. Tapi, lebih disarankan menggunakan sepatu olahraga atau sepatu gunung. Karena ini akan membuat perjalanan lebih aman. Apalagi dengan jalur trekking yang penuh bebatuan dan agak becek. Sehingga Anda tidak jatuh atau terpeleset. 

Berangkat lebih pagi 

Jika Anda berada di luar Kota Bogor, lebih baik berangkat lebih pagi. Apalagi jika Anda dari Jakarta yang sudah pasti akan terkena macet. Lebih baik Anda berangkat sekitar pukul 6 atau 7 pagi. Sehingga ketika sampai tidak terlalu sore. Belum lagi perjalanan pulang yang bisa jauh lebih padat ketika berangkat. 

Terutama bagi Anda yang ingin menggunakan mobil untuk sampai ke lokasi tujuan. Karena jarak lokasi parkir mobil terbilang agak lebih jauh dibandingkan dengan lokasi parkir motor. Tidak heran, jika banyak yang mengunjungi Curug Leuwi Hejo dengan motor, karena lokasi parkirnya dekat sekali dengan pintu masuk.

Demikianlah informasi lengkap terkait dengan wisata Curug Leuwi Hejo info harga tiket, rute dan lokasi. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran untuk Anda yang ingin mengunjungi Curug Leuwi Hejo.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.